Baterai CMOS

Pulang dari kampus, mampir beli karet buat headset. Eh, ternyata si mas nya juga jual batre CMOS. Jadi inget kalo komputer di kos udah 5 tahun lebih ga diganti batrenya. Beli sekalian deh. Cuma tigaribu perak. Hihi. Baterai Cmos apaan sih?

 ini nih penampakannya :

Baterai Cmos adalah salah satu bagian penting dari komputer. Sering kita melupakan arti sebuah baterai Cmos bahkan banyak dari kita tidak tahu sama sekali fungsi baterai Cmos. ‘Ketidak pedulian’ kita terhadap baterai Cmos, seringkali melupakan kita pada beberapa masalah yang terjadi akibat baterai Cmos. Dan kita disibukan dengan mencari penyebab lain padahal penyebabnya adalah hal ‘sepele’; yaitu baterai Cmos tadi! Huh. Keinget kejadian waktu SMA dulu. Haghag.

Baterai Cmos adalah baterai dengan voltase sekitar 12 Volt dan berdiameter sekitar 1,5cm (pada umumnya, untuk baterai PC) pada laptop, diameter dan bentuknya bisa berbeda. Baterai Cmos digunakan untuk menyimpan setting pada Cmos (sebuah IC program pada komputer) atau biasa disebut juga Bios. Itulah sebabnya mengapa tanggal dan jam di komputer anda tetap berjalan meskipun komputer dimatikan, ya.. karena baterai Cmos. Baterai Cmos merupakan baterai recharger yang akan di ‘charge’ kembali disaat komputer menyala. (ilmu dari Ayip hihi)

Kerusakan pada baterai Cmos

Biasanya, baterai Cmos bisa bertahan lumayan lama, hmm.. sekitar 5 tahun-an lah. Tapi dengan syarat komputer anda sering dipakai atau minimal sering hiduplah (meski ga dipake) sehingga baterai tetap bisa di ‘charge’ ulang oleh komputer. Nah, kalo komputer yang terlalu lama ‘nganggur’, bakal BT banget tuh kompi.. hihi.. bahkan berbulan-bulan ga dipakai, ini mengakibatkan baterai cmos akan habis dayanya karena diserap untuk kebutuhan Cmos / Bios.

Kerusakan kedua biasanya diakibatkan buruknya kualitas baterai. Dan sayangnya baterai Cmos yang beredar di pasaran memang baterai Cmos dengan kualitas ‘seadanya’ (kayak yang aku beli tadi dong :D) dengan harga bervariasi antara 3K sampai 5K. Bahkan untuk pembelian partai, harga baterai Cmos tak lebih dari Rp. 700 per baterai.

Akibat yang ditimbulkan dari kerusakan baterai Cmos

Komputer tidak menyimpan tanggal, bulan dan tahun. Dan tentu saja, settingan yang kita buat di Cmos atau Bios akan berubah ke posisi ‘default’, akibatnya komputer akan selalu meminta untuk men-setup ulang dengan perintah-perintah seperti Press Del to Setup, atau Press F1 to Continue atau perintah-perintah lain semacamnya. Sangat mengganggu bukan?

Bila baterai tidak menyimpan tanggal bulan dan tahun, maka di beberapa situs terutama Facebook maka akan timbul peringatan keamanan dan situs yang anda masuki dianggap berbahaya (untrust site)! Mengganggu juga bukan?

Banyak terjadi, walaupun tidak sering, baterai-baterai Cmos menyebabkan komputer tidak bisa hidup! Atau bisa hidup sebentar lalu nge ‘hang’ kemudian tidak bisa dihidupkan kembali, lalu dibutuhkan waktu beberapa jam untuk bisa hidup kemudian mati kembali. Bahkan pada laptop, baterai Cmos sering bocor. Dan bocoran itu menetes pada Mainboard yang mengakibatkan konslet pada board laptop. Nah lho !.

Sebaliknya, kesalahan setting yang terjadi pada Bios atau Cmos pun yang mengakibatkan komputer tidak hidup disimpan oleh baterai, sehingga komputer tetap tidak bisa hidup.

Untuk menanggulanginya, tentu saja lakukan penggantian baterai. Pilih baterai yang cukup baik untuk menjamin baterai akan tetap bertahan lama dan tidak mengakibatkan kerusakan pada komputer.

About these ads

25 thoughts on “Baterai CMOS

  1. mm.. kaya nya gara2 itu juga komp yang di rumah itu, (pasti kemarin liat juga) itu udah jarang dipake, gara-gara sering mati tiba2 ..

  2. woi,gan kompie ane cuma nyala bentar,tp tiba2 no signal..fan nyala..tp di restart gx mau2..harus nunggu beberapa jam nh br mau ada tampilan,tp setelah itu..kumat lg,apakah CMOSnya? Sy dh ganti,mash tetep jg tuh? Apanya dong?

    • kemungkinan masalah ada pada VGAnya. kalo agan pake VGA onboard, coba dipasangin VGA add-on dlu, kalo misal nyala, berarti memang harus beli VGA add-on. selain itu, coba cek RAMnya. bersihkan bagian lempengan kuningnya pake penghapus pensil. setelah itu coba pasang lagi dan hidupkan. jika masih belum hidup, coba lepas RAMnya lagi, trus hidupkan PCnya (RAM masih dalam keadaan terlepas), kalo terjadi bunyi tiit…tiiit..tiitt yang dikeluarkan oleh mainboard, berarti mainboard agan masih bagus dan masalah ada pada RAM, tapi jika tidak terjadi bunyi seperti di atas, kemungkinan masalah ada pada mainboard agan.
      selamat benah-benah kompi.. :D

  3. Sebelumnya ni spek kompie ane baru 8 bulan
    MB Biostar TA 880GB+
    Processor X4 945
    VGA DA HD 5770
    RAM 4GB
    HDD 250GB
    PSU 550W pure

    tapi saat tidak ada sinyal terdeteksi Keyboarad Mouse juga gx terdeteksi juga……… masa VGAnya??????

    gan ane dah lakuin sbb:
    1.Ganti RAM
    2.Nyoba LCD temen
    3.Coba Pake VGA Onboard
    4.Ganti CMOS
    di atas dah ane lakuin masih sama……

    Ane si curiga sama motherboardnya……..
    apakah update BIOS bisa nagtasin semua?????

    • kalo udah lakuin langkah seperti yang agan sebutin tadi, kemungkinan memang mobo nya. ada dua kemungkinan, pertama chipset (entah northbridge atau southbridge) yang memang sudah mati, yang kedua masalah pada BIOS. solusinya yang masih mungkin dilakukan adalah dengan update BIOS, tapi resiko jika gagal update, mainboard akan mati total.

  4. update BIOS biasanya berapa menit gan…yg gx lwt windows,tapi langsung pake FD/FPD??????
    gw dah persiapan UPS nih…..

    • umumnya flash BIOS hanya berlangsung beberapa detik saja. Kurang dari 30 detik.
      tp bro, yang perlu diperhatikan adalah mencari file BIOS dan Flash Writer yang tepat, karena jika tidak sesuai, komputer kemungkinan bakalan tidak bisa hidup lagi. Tetapi jika tipe sudah tepat, maka kemungkinan selalu berhasil, kecuali mati listrik atau komputer mati ketika flash BIOS sedang berjalan. sip lah kalo udah nyiapin UPS.

  5. Boss aq ada masalah, batere CMOS nya gak mau nge-charge sehingga tiap kali diganti semingguan kmudian pasti abis lg / BIOS minta diset ulang.. ini dah kali ketiga aq ganti dalam waktu kurang lebih 2 bulan… tolong kasih solusi boss

    • terus terang secara detail/teknis saya kurang tau yang mana dan bentuknya seperti apa yg berfungsi sbg charger battery BIOS/CMOS..
      tapi yg pasti dia letaknya di mainboard/motherboard (dalam satu kesatuan), sehingga kalau fungsinya mati/tdk berfungsi lagi (tdk bisa nge-charge) maka meskipun diganti battery-nya tetep aja tiap kali boot akan minta seting BIOS.. dan kemungkinan yang terjadi pada PC agan itu adalah rusak pada komponen mainboard yang berfungsi untuk nge-charge batrenya.. ada kemungkinan rusak karena tidak bisa melakukan charge dan juga kemungkinan adanya kebocoran pada batre CMOS itu sendiri. kemungkinan yang pertama dampaknya tidak terlalu berbahaya buat PC agan karena hanya berdampak pada settingan tanggal dan waktu yang tidak bisa tersimpan, sedangkan kemungkinan yang kedua ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan mainboard korslet. tapi menurut saya, yang terjadi masalah adalah komponen pada mainboard agan yang tidak bisa melakukan re-charge untuk batre CMOS.

  6. Gan komputer ane bru gnti battery cmos kok masih sring macet pas booting ad commandny Press Del to Setup, atau Press F1 to Continue , msti nngu 1 jam lagi trus stlah booting ad command lgi battery cmos cheksum bad ini gimana gan padahal bru gnti battery cmos saat itu jga

    • ganti batre bios nya gan, kalo tetep ga bisa lagi coba ganti batre yang harganya lebih mahal sekitar 75K. matiin juga settingan “auto update time/date” yg ada di control panel.

  7. terimakasih atas infonya, komputer kantor kami waktunya selalu beruba ketika setelah dimatikan, padahal komputer itu untuk bel pelajaran otomatis. sehingga ketika menyalakan, selalu mencocokkan dulu.

  8. Mungkin baterai Cmos ini penyebab komputer saya tak mau hidup, soalnya pernah tak dipakai hampir 2 minggu. Setelah buka-pasang baterai, akhirnya komputer mau nyala. Thanks infonya gan.

  9. Gan,komputer saya sering mengeluarkan “search” pencarian yg biasa xp ada anjing nya,setelah bunyi tiit,dan mematikan suara “mute” jgak stelah bunyi tiit. .
    Dan lainya secara otomatis dgn di dahului bunyi tiit,apa sebab gan. .
    Tolong gue dong gan. . .

  10. Udah ganti batre tapi pas boot lagi tetep press F1 to continue, date & time juga balik ke default lagi, gak ada pesan “CMOS Checksum Error”, selain itu semua operasi komputer normal. padahal batrenya sama dengan yg diganti, udah coba pasang di komputer yg lain batrenya gak bermasalah, gak ada press F1, date & time settingannya up to date, jadi masalahnya dimana bro ? Please bantuannya ya bro ! Thanks b4 : )

  11. Om kok computer saya setiap di nyalain pasti ada perintah :
    Cmos wrong
    “F1″ setup
    “F2″ continue

    trus pas saya pilih “F2″
    ada loading dibagian bawa monitor, pas saya tunggu smpe loadingnya selesai tpi tetep gk mw ke buka tampilan windows nya lama bgt, gk bsa kebuka… itu gmna iya?? mohon bantuannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s