Urutan Processor Intel (dari dualcore – i7) berdasarkan performa

saya sering bertanya-tanya tentang urutan processor intel berdasarkan performanya. saya juga sudah menejalajahi situs resmi intel tetapi intel tidak memberi tahu secara umum urutan kecepatan. hanya memberi tahu urutan generasi.

akhirnya setelah googling-googling, saya mengambil kesimpulan bahwa urutan processor intel berdasarkan performanya adalah sebagai berikut :

dual core – core 2 duo – core i3 – quad core – core i5 – core extreme – core i7

WHY?

Sebelumnya, mari kita samakan persepsi dulu bahwa processor yang digunakan memiliki level speed yang sama. karena jika tidak, maka urutan tersebut menjadi tidak valid. misalnya kita menggunakan processor core2duo dengan level speed di atas processor core i3, maka hasilnya processor core2duo yang akan menempati urutan lebih tinggi dibandingkan dengan core i3.

seperti kita tahu bahwa processor generasi baru (i3, i5, i7) udah mendukung 2 core/4 thread dan teknologi manufakturnya udah 32nm sedangkan processor core2duo masih 2core/2thread dan masih 65nm. semakin kecil ukuran nm nya semakin hemat dayalah processor tersebut. jadi core i (itanium processor) lebih hemat daya dibandingkan dengan core generasi sebelumnya. hal ini menunjukkan bahwa processor generasi baru memiliki teknologi yang lebih bagus dibanding pendahulunya.

namun ternyata keunggulan teknologi dari processor generasi baru tersebut belum tentu bisa menyaingi kecepatan dari processor seri core sebelumnya

About these ads

21 thoughts on “Urutan Processor Intel (dari dualcore – i7) berdasarkan performa

  1. thaanks, kebetulan saya lagi bingung mo beli komputer, pilih core 2 duo quad apa yang i3.informasinya berguna banget

  2. makasih bgt bwt infonya masbro. Awalnya gw bingung jg tapi sekarang udah mulai sedikit paham setelah membaca ulasannya. Thx ya, infonya bnr2 bermanfaat n salam kenal. Moga makin sukses :D

  3. ganti processor harus sesuai soketnya apa gimana sih, pernah baca ini itu model processor tapi ada type2 soketnya. apa iya kalo mau ganti yang bagusan gitu tapi harus sesuai soketnya ya?

    • iya. harus sesuai dengan socketnya. kalau tidak, tidak bisa terpasang. jadi pastikan dulu mainboard anda yg dipakai saat ini menggunakan socket apa dan bisa upgrade processor sampai tingkat apa. sebagai contohnya saya menggunakan socket 775 dan dari buku manual disebutkan bahwa mainboard saya bisa mendukung sampai processor quadcore socket 775.

  4. Ya makin tinggi core’a makin mahal.
    Lebih baik core 3 gam drpda core 2.

    Just info from newbie. hhe

  5. Memang tdk banyak yg membahas mengenai prosesor intel. Postingan yg bermanfaat. Peetanyaan saya, lebih bagus mana ya dual core yg sering di gunakanbutk smartphone sekarang dgn dual core nya intel, krn saya pernah baca katanya dual core nya intel itu sama dengan quad core nya yg sering di gunakan utk smartphone android sekarang ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s