TIPS MEMILIH MAINBOARD

Beberapa tahun belakang ini, perkembangan Mainboard begitu cepat. Terlebih pada kuartal ketiga tahun 2010 ini. Berbagai macam merek dan tipe Mainboard membanjiri pasar. Bagi kita yang mengerti seluk beluk hardware, tentu sedikit banyak mengetahui merek dan tipe mainboard apa yang bagus. Namun, bagi kita yang kurang mengetahui seluk beluk hardware, tentu masih bertanya-tanya merek dan tipe mainboard apa yang bagus jika ingin membelinya.
Di sini, saya mencoba memberikan tips bagi temen-temen yang ingin membeli perangkat ini, juga bagi temen-temen yang ingin upgrade ke tipe yang lebih tinggi.
Kualitas sangat menentukan kestabilan dan performa dari sebuah mainboard. Sebenarnya, kualitas dari dari sebuah mainboard ini bisa kita lihat secara kasat mata. Kita bisa melihat kualitas mana yang baik hanya dengan melihat tampilan fisiknya saja. Lalu, apa saja ciri-ciri fisik yang harus kita perhatikan itu?

1. PCB

Mainboard yang memiliki ketahanan dan kualitas tinggi sangat dapat dilihat dari kualitas PCBnya, mainboard high-end biasa menggunakan PCB 8 layer. Selain jumlah layer, untuk mencermati perbedaannya dapat dilihat dari ketajaman jalur dan kegetasan saat PCB kita coba sedikit bengkokkan. Untuk beberapa mainboard kualitas tinggi pada PCB terdapat lapisan pendingin untuk membuang panas.

2. KAPASITOR

Perbedaan kualitas mainboard dapat dengan mudah dilihat dari kerapatan, jumlah, ukuran dan yang paling penting adalah jenis kapasitor yang digunakan. Mainboard yang mampu menjaga kestabilan dalam kompresi tinggi untuk beberapa bagian biasa menggunakan kapasitor low-esr (kapasitor perak), untuk kapasitor kualitas tinggi dibawah low-esr adalah kapasitor-kapasitor 1st grade buatan Jepang, contohnya seperti ‘Rubycon’ dan ‘Nichicon’ dengan bentuk yang mudah kita kenali yaitu belahan atas kapasitor berbentuk huruf ‘K’ untuk ‘Rubycon’ dan huruf ‘Y’ untuk ‘Nichicon’. Ada juga kapasitor Jepang 2nd grade yang berkualitas cukup baik dengan beberapa ciri lainnya, sedangkan kapasitor China dikenal jauh lebih murah dengan kualitas yang kurang baik. Untuk saat ini hampir semua merek mainboard kelas atas menggunakan kapasitor Jepang, namun anda tetap harus teliti, karena ada pula beberapa yang menggunakan kapasitor 2nd grade dan 3rd grade. Semakin banyak jenis kapasitor kelas atas, biasanya board tersebut mampu menawarkan kestabilan dan daya tahan yang semakin tinggi.

3. REGULATOR, KONDENSATOR, DAN MOFSET

4. PENDINGINAN DAN PENGATURAN ALIRAN UDARA, SERTA LAYOUT MAINBOARD
Dari kesemuanya itu mencerminkan kelas dan kualitas mainboard yang bersangkutan. Khusus untuk pendinginan, faktor ini memang cukup penting untuk diperhatikan, namun ini adalah faktor eksternal dalam arti diluar lingkup “kualitas” mainboard itu sendiri. Sehingga ini adalah faktor yang paling mudah untuk kita modifikasi, dengan penambahan pendingin secara individu.

Nah, dengan demikian, dengan melihat bentuk fisiknya saja, kita bisa mengetahui gambaran seperti apa kualitas dan performa sebuah Mainboard. Meskipun belum secara total bisa mengetahui kinerjanya, minimal dari pengamatan fisik ini, kestabilan dan kekuatan Mainboard dapat kita ketahui. Apabila sebuah mainboard memiliki kualifikasi seperti yang tersebut di atas, maka mainboard tersebut biasanya handal dan pantas untuk kita jadikan pertimbangan. Happy Hunting Mainboard …🙂

Afandi

One thought on “TIPS MEMILIH MAINBOARD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s