Jika Kita Tahu Semuanya

Pernahkah kita berfikir tentang apa saja yang terkandung di dalam nasi yang kita makan?.

Suatu hari salah seorang teman ketika di SMA dulu, dia penasaran dan ingin mencoba melihat nasi yang siap santap di piringnya itu dengan mikroskop. Karena sebelumnya, dia kagum dengan mikroskop yang dapat memperlihatkan sel-sel yang kecil sekalipun yang terdapat pada sebuah benda. Lalu, apa yang terlihat olehnya? Sebuah pemandangan yang sangat menjijikkan. Bagaimana tidak, makanan yang sudah siap untuk dia makan ternyata penuh dengan kuman. Begitupun piring dan sendoknya. Melihat keadaan seperti itu, ia kemudian tidak jadi makan makanan tersebut.

Hidup ini layaknya misteri yang tak ada habisnya. Kita takkan tahu apa yang terjadi esok. Meski begitu, tak sedikit di antara kita yang ingin tahu apa yang akan terjadi sampai-sampai mereka pergi ke tukang ramal, dukun, dsb. Yang jadi pertanyaan adalah, jika kita mengetahui apa yang akan terjadi pada kita, lalu kita merasa tenang? No no no. Justru ketakutanlah yang akan datang. Kita takkan dapat menikmati hidup hari ini jika tahu sebentar lagi usaha kita bangkrut, sebentar lagi sakit, beberapa bulan ke depan kita kecelakaan, dan kejadian-kejadian tak menyenangkan lainnya. Bukan begitu?

Itulah sebabnya Allah tidak memberitahu apa yang terjadi esok hari. Bukan tanpa alasan Allah membuat hidup menjadi seperti misteri. Ada banyak perkara di masa depan yang tidak diberitahukan, semua memiliki maksud dan alasan. Allah ingin kita seperti jam yang berdetak untuk hari ini, tanpa perlu khawatir beberapa kali harus berdetak esok hari. Hari esok punya kekhawatirannya sendiri…

Kita takkan bisa merasakan nikmatnya bersujud syukur ketika ada kebahagiaan datang, dan takkan pernah bisa merasakan indahnya bersabar jika kita mengetahui apa yang terjadi esok hari. Tidak ada surprise, dan hidup ini serasa statis tanpa ada upaya untuk berbuat lebih baik di esok hari.

Maka, selagi kita masih diberi hidup, selalu berbuatlah yang terbaik. Karena kita tak tahu apa yang terjadi esok. Jadilah yang terbaik dari waktu ke waktu. Hiduplah satu jam tanpa marah, tanpa pikiran buruk terhadap orang lain, tanpa iri hati, tanpa dendam. Lalu ulangilah satu jam berikutnya….

Selamat menjalani kehidupan dengan selalu berbuat lebih baik, jadilah yang terbaik di setiap waktu yang diberikan Allah untuk kita.

Fight Back and Win !!

Semangat๐Ÿ™‚

3 thoughts on “Jika Kita Tahu Semuanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s