Awas ada kamera tersembunyi

Innallaha kaana ‘alaikum raqiibaa // Sesungguhnya Allah senantiasa mengawasi kalian.

Sewaktu kita kecil dulu, kita diperkenalkan dengan Raqiib-‘atiid. Sifat dua malaikat pengawas yang duduk di kanan dan di kiri ini amat kita kenal. Raqaba-yarqubu-muraqabatan.. inilah muraqabah. Sebuah rasa bahwa kita senantiasa diawasi. Terekam setiap detik hidup kita sejak bangun sampai tidur lagi, bahkan juga saat tidur, sejak kita baligh hingga ruh diangkat.

Sewaktu kecil, lagi-lagi. Bayangan kita tentang catatan amal adalah buku. Mengapa? Karena Al Qur’an menyebutnya ‘kitaab’. Tetapi benarkah kitab berbentuk buku? Simpel sekali. Dan kita pastinya mengasosiasikan buku catatan (termasuk buku catatan amal) sebagai sesuatu yang tidak lengkap, tidak bisa mencatat semua sisi, dan pasti ada yang terlewati. Lepas dari begitu hebatnya malaikat pencatat, kita tetap akan merasa begitu. Karena (tentu saja) diri kita sendiri ini selalu keteteran kalau mencatat sesuatu. Bahkan yang sederhana dan iramanya pelan sekalipun.

Tetapi sebentar, pernah dengar istilah Audio Book? Ada kan? Ada, bahkan ada audio-video book. Lalu bagaimana kalau saya mengusulkan pemahaman baru bahwa buku catatan amal itu berbentuk audio video book ? ada yang keberatan? Kalau ada, berapa kilo?😀. sebuah gambaran tentang diri kita diambil dari minimal hmm.. dua angle. Kemudian disimpan dalam bentuk file audio video lengkap, dan nanti di hari kiamat diperlihatkan kepada kita.

Nah, asosiasi kita tentang catatan amal jadi berubah kan? Dan saya merasa pasti, persepsi kita tentang akurasi catatan amal juga berubah. Kamera tersembunyi itu takkan keteteran men-shoot aktivitas kita karena dilengkapi dengan media penyimpanan yang tak terbatas. Lalu bayangkan sebuah layar superbesar di hadapan pengadilan Allah. Di sanalah akan di-display segala rekaman perbuatan kita sejak baligh sampai mati. Lengkap, semuanya terekam dan terlihat. Saat kita sendiri maupun bersama, saat sunyi maupun riuh, saat tersembunyi maupun luas. Semua tercatat, terekam. Lalu bertanyalah kita, rekaman itu dipenuhi maksiat atau taat? Nah lho…

Jangan terlalu meyakini gambaran-gambaran saya tentang kitab ini ya.. sungguh, apa yang ada di sisi Allah jauh lebih dahsyat dan tak tergambarkan !!. ingat, gambaran ini hanya untuk memberi sentuhan kesadaran minimal bagi kita (termasuk saya) yang terlanjur bermudah-mudah dan mengecilkan arti catatan amal. Lagi-lagi, sungguh, apa yang ada di sisi Allah jauh lebih dahsyat dan lebih agung!.

Ketika amalan manusia diperlihatkan oleh Allah kepadanya, begitu Rasulullah suatu ketika mensabdakan, maka mereka akan tenggelam dalam keringatnya karena merasa malu. Malu! Saking malunya kerena semua yang pernah ia sembunyikan terkuak sudah, segala yang ia tutupi diungkap dengan eksplisit. Persis! Di hadapannya sendiri. Allahumma!.

Inilah muraqabah. Sebelum datangnya hari itu, kita diberi kesempatan untuk tahu. Bahwa ada catatan amal yang tak mungkin direkayasa, dan bahwa sesudah itu perhitungan balasan dari Allah adalah sedetil-detilnya, seadil-adilnya. So, Mari selalu berbuat lebih baik lagi, kawan.

Beribadahlah kepada Allah seakan-akan engkau melihatNya. Jika engkau tidak bisa, maka yakinlah bahwa Allah melihatmu, lekat setiap saat.

2 thoughts on “Awas ada kamera tersembunyi

  1. Nice Post ^^
    saya juga pernah baca artikel (tp lupa kpn n dmna/siapa yg bikin, jd coba ja dicari lg), bahwa setiap benda di dunia ini punya unsur partikel hitam, sementara kita tahu bahwa hitam adalah penyerap energi (panas, cahaya) –> nah, jd setiap benda di dunia ini berpotensi untuk menyerap energi, seberapapun energi itu, termasuk menyerap (baca: merekam) aktifitas kita , , jd kalo misal seluruh materi di dunia ini dikumpulkan, maka bisa saja rekaman aktifitas dunia ini dimunculkan kembali . . wallahu a’lam .. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s