Selamat Ulang Tahun, GSM !

Tanggal 1 Juli 1991 menjadi hari bersejarah bagi Harri Holkeri, mantan Perdana Menteri Finlandia, dan Kaarina Suonio, mantan Wakil Walikota Tampere. Harri dan Kaarina melakukan panggilan Global System for Mobile Communications (GSM) pertama di dunia!.

Herri dan Kaarina memanfaatkan jaringan GSM yang dibangun oleh Telenokia dan Siemens untuk operator Finlandia, Radiolinja, yang saat ini telah beroperasi dengan nama Elisa. Telenokia dan Siemens saat ini telah memiliki nama baru, yaitu Nokia Siemens Networks.

Apa yang Herri dan Kaarina bicarakan selama panggilan pertama GSM tersebut? Harri Holkeri dan Kaarina Suonio mendiskusikan manfaat dari teknologi GSM digital baru, termasuk kualitas suara dan keamanan yang sangat baik, dan fakta bahwa identitas telepon berada di dalam kartu SIM ponsel, sehingga konsumen mudah untuk memilih produk ponsel yang mereka sukai.

GSM diadopsi pada tahun 1987 sebagai standar Eropa untuk teknologi seluler digital. Teknologi telepon selular generasi kedua ini dapat membawa trafik data dan maupun suara. Panggilan suara GSM yang berkualitas tinggi, jelajah internasional yang mudah serta dukungan terhadap layanan-layanan baru seperti pesan teks (SMS) meletakkan pondasi bagi pesatnya penggunaan ponsel di seluruh dunia.

Pada tahun-tahun berikutnya, jumlah pelanggan GSM tumbuh melampaui semua prediksi. Jumlah pelanggan GSM mencapai lebih dari 500 juta pada dekade pertama menuju 2001. Saat ini terdapat 838 jaringan GSM di 234 negara dan kawasan independen di seluruh dunia memiliki lebih dari 4,4 miliar saluran langganan. GSM terus berkembang pesat, dengan penambahan 1 juta pelanggan GSM baru setiap hari. Ini mencapai hampir 12 pelanggan setiap detik. wow !😀

Sumber

2 thoughts on “Selamat Ulang Tahun, GSM !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s