GPS Tracking

Apa GPS Tracking itu ?
GPS Tracking adalah suatu sistem pemantauan jarak jauh yang menggunakan Satelit GPS sebagai penentu lokasi kendaraan/asset bergerak dengan tepat dan akurat dalam bentuk titik koordinat yang kemudian diimplementasikan ke dalam bentuk Peta digital, sehingga dapat dimengerti dengan mudah bagi penggunanya.

Apakah benefit dari GPS Tracking ?

Benefit dari penggunaan GPS Tracking adalah membantu mengurangi penggunaan biaya ponsel serta penggunaan SMS untuk mendeteksi lokasi kendaraan, yang mana dahulu biasanya dilakukan dengan cara menghubungi pengemudi/supir dengan menelepon atau mengirimkan SMS dan biaya tersebut sangatlah mahal. Dengan menggunakan GPS Tracking biaya dapat ditekan karena menggunakan fasilitas GSM/GPRS, serta dapat menampilkan lokasi kendaraan dengan akurat dari segi tempat dan waktu (real time).

Berapakah biaya yang harus dikeluarkan ?

Biaya yang dikenakan berfariasi disesuaikan dengan kebutuhan pengguna alat, tetapi sangat terjangkau dan cukup murah dibandingkan dengan fungsi alat yang sangat luas penggunaannya, karena jangkauannya hampir seluruh Indonesia.

Bagaimana cara trackingnya ?

Cara kerja GPS Tracking dimulai dari beberapa Satelit GPS yang menangkap signal GPS yang dikeluarkan dari Kendaraan yang menggunakan GPS Tracking ( Black Box ), kemudian menghasilkan titik koordinat, data tersebut dikirim melalui GSM/GPRS ke pusat data ( server ), yang kemudian disimpan, hasil akhir data tersebut dapat dilihat oleh pengguna Tracking melalui Website Tracking dalam bentuk peta digital dan dapat pula melalui ponsel yang berupa berita SMS dengan pengamanan khusus sehingga kerahasiaan data tetap terjaga, dan dapat di akses dimanapun pengguna tracking berada.

Apakah fungsi utama dari GPS Tracking ini ?

Fungsi utama alat ini adalah melacak keberadaan kendaraan anda dan apabila terjadi masalah, musibah, pembajakan pada kendaraan, dengan mudah alat ini dapat mengirim pesan singkat melalui SMS ataupun signal Emergency ke ponsel anda/pusat pemantauan dengan cara menekan tombol Emergency. Dan apabila kendaraan anda dicuri maka saat itu pula kendaraan anda dapat terlacak dan anda/pusat pemantau dapat langsung mematikan mesin dari jarak jauh.

Sattelite System

Global Navigation Satellite System (GNSS) merupakan sistem satelit yang digunakan untuk kepentingan penentuan posisi dan navigasi. GPS merupakan salah satu jenis dari GNSS. Hingga saat ini, terdapat 4 GNSS yang telah dan akan beroperasi secara penuh pada beberapa tahun kedepan:

Global Positioning System (GPS)

Sejak dioperasikan pada tahun 1978, GPS merupakan provider GNSS yang paling populer digunakan. Bahkan akronim GPS seringkali disalahfahamkan untuk digunakan menggantikan istilah GNSS (misalnya; Glonass merupakan salah satu sistem GPS). Hingga saat ini, GNSS buatan Amerika Serikat ini telah memiliki 31 satelit yang mengorbit dan beroperasi secara penuh.

Glonass

GNSS buatan Rusia ini mulai beroperasi sejak tahun 1982. Dalam rangka memodernisasikan satelitnya, Glonass tengah mengalami renovasi sejak tahun 2002 hingga 2011. Tiga satelit terbaru yang diluncurkan Desember 2008 lalu telah mulai beroperasi saat ini. Hingga kini satelit Glonass yang sedang mengorbit berjumlah 20 satelit.

Galileo

GNSS ini berasal dari eropa, dan masih dalam tahap pengembangan. Untuk dapat dioperasikan, setidaknya satelit ini memerlukan 30 satelit dan beberapa stasiun bumi yang tersebar di beberapa lokasi di dunia. GIOVE-B, satelit percobaan kedua Galileo, telah diluncurkan dan diprediksikan dapat beroperasi secara punuh pada tahun 2013.

Beiou

Beidou merupakan GNSS buatan Cina. Konstelasi satelit 30-MEO merupakan satelit yang kini telah diluncurkan, dan direncanakan antara tahun 2015 dan 2020 konstelasi 5-GEO akan menyusul untuk diorbitkan. Keseluruhan satelit Beidou yang mengorbit direncanakan berjumlah 30 satelit MEO dan 5 satelit GEO.

sumber dari sini dan sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s