Bagaimanakah suatu robot meniru kemampuan manusia?

Cara kerja robot meniru yang bisa dilakukan manusia adalah :

Dasar sistem kerja robot yaitu dari inputan rangsang berupa sensor atau berupa impuls listrik kemudian diproses oleh Mikrocontroler sebagai otak pengolah dari sinyal inputan sensor. Mikrocontroler bertugas memberi tanggapan output seperti apa jika keadaan input sensor dlm keadaan tertentu.Microkontroler memproses input dan menghasilkan ย output tergantung dari program intrupsi yang di download ke dalam mikrocontroler tersebut. Output dari mikrocontroler tersebut bisa dibuat bermacam-macam tapi pada dasarnya output dari mikrocontroler adalah berupa tegangan dan juga berupa sinyal tegangan PWM (pulsa with modulator) yaitu tegangan yang seperti siyal kotak/tegangan putus-putus. Output mikro dapat digunakan untuk menyalakan indicator lampu, menggerakan motor atau berbagai macam hal.

Kemajuan robotik pada saat ini

Robot, semakin hari menjadi semakin canggih dan lebih canggih lagi. Kreatifitas para ilmuwan yang menjadikan mereka begitu hebat. Banyak tugas โ€“ tugas penting dan berbahaya apabila dilakukan oleh manusia, kini digantikan dengan teknologi ini. Teknologi robotic juga sangat membantu dalam dunia kedokteran, penelitian luar angkasa, hingga ke dunia militer.Berikut ini adalah beberapa robot โ€“ robot masa kini:

  • RoboDog : Robot ini merupakan senjata militer yang sangat mematikan yang mampu menjelajah berbagai medan dan bahkan memanjat pohon.

  • FemBot : FemBot dibekali dengan kemampuannya untuk berperilaku seperti seorang wanita, FemBot bisa menjadi sebuah senjata yang sangat berbahaya. Kemampuan gerakan elasticnya yang luar biasa, membuatnya layak untuk berjalan diatas catwalk dan berpose bersama dengan model โ€“ model cantik.

  • SAYA (Teacher Robot) : Sebuah robot dari Jepang yang bernama SAYA, saat ini sudah menjadi pengganti guru di negeri Sakura tersebut. Robot yang diprogram dengan kurikulum sekolah dasar ini, telah menggantikan posisi guru dalam mengajarkan seluruh mata pelajaran

  • RoboChild : Child-Robot with Biomimetic Body disingkat dengan nama panggilan CB2 sebelumnya diciptakan sebagai bahan penelitian untuk melihat prose tumbuh kembangnya seorang anak ini, dapat mengikuti sebanyak 56 gerakan otot. Ia pun memiliki 197 sensor di seluruh badannya yang bekerja seperti indra perasa pada manusia. Kamera yang diletakkan dimatanya pun mempunyai kemampuan untuk mengenali benda disekitarnya yang dalam bahasa manusia sering disebut sebagai mata.

  • AirJellies : Sebuah robot ubur โ€“ ubur yang mampu melayang di udara. AirJellies memiliki kemampuan dan sifat yang sama dengan ubur โ€“ ubur yang kita jumpai di laut. Robot buatan Festo Automation Germany ini dapat melakukan gerakan yang terorganisir secara bersama โ€“ sama dalam satu kelompok dan menyerang targetnya.

  • Robot Penguin : Robot penguin ini memang sangat mirip dengan penguin dalam segala hal. Perilaku, bentuk, dan suara yang sama. Yang membedakan adalah ketahanan mereka yang lebih kuat dari penguin asli, kemampuan berenang yang lebih cepat, dapat bekerja secara berkelompok

  • Army Robot : Robot Bomb Sniffer dan Lethal Robot Soldiers telah digunakan pada perang Irak. Bahkan Pihak Militer mengklaim sedang menciptakan robot seukuran serangga yang dapat digunakan dalam misi mata โ€“ mata. Para ilmuwan menyatakan bahwa robot โ€“ robot ini memiliki kemampuan akurasi dan militansi beratus kali lipat dari tentara biasa.

  • Asimo โ€“ Serie Pembaca Pikiran : Robot yang dikenalkan oleh Honda sebagai โ€˜sahabatโ€™ manusia ini, telah berkembang sangat pesat dari model awalnya. Asimo yang baru sudah dapat berjoget, membuatkan teh, bahkan mampu untuk menjadi konduktor sebuah symphony. Pada awalnya, Asimo diciptakan untuk membantu mempermudah manusia dalam menyelesaikan pekerjaan sehari โ€“ hari.

 

 

__dari berbagai sumber___

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s