Belajar Overclocking (Part 1)

oke.. perkenankan saya menulis sedikit tentang overclocking. saya tidak mengklaim bahwa saya ahli dalam hal overclocking hardware komputer. di sini saya hanya berusaha membagi apa yang sudah saya pelajari dalam hal overclocking. apabila dirasa postingan ini ada yang keliru, mohon koreksi dan bantuannya. pun begitu, saya sangat senang jika postingan ini bisa bermanfaat buat kalian. terimakasih.

menurut saya, tidak ada aturan baku dalam Overclocking. hanya saja di sini saya mau sharing tentang poin2 penting ketika kita akan memulai proses overclocking terhadap rig (PC) kita masing2. perlu kita ketahui bersama bahwa di dalam OC (overclocking), Power Supply Unit merupakan hal yang vital. jadi, jangan pernah meremehkan periperal yang satu ini. OK… mari lanjut ke point2 penting dalam OC.

Pemilihan Hardware :

Pemilihan hardware yang tepat dalam OC berpengaruh besar terhadap OC yang nantinya bakal kita lakuin. pilih procie apa? PSU apa? RAM apa?.

berikut opini pendek saya tentang pemilihan beberapa hardware,

1. Pemilihan Power Supply

Seperti sering dibicarakan di HWF, PSU merupakan Organ penting buat kesehatan kompi. jangan salah pilih PSU. pilih PSU yang sudah recomended. untuk lebih jelasnya, dibaca aja tips memilih PSU dimari.

2. Pemilihan Mainboard

Mainboard/Motherboard ini merupakan tempat bernaungnya semua periperal komputer. jangan memakai mainboard kelas value dengan alasan apapun. sering kali kita malah lebih banyak kena masalah daripada dapet harga murahnya.

pilih mainboard dengan 100% solid capasitors untuk kelangsungan hidup mobo yang lebih lama. jangan lupa cek power phasenya ada berapa banyak. semakin banyak semakin bagus (sejauh yang saya tahu, power phase berfungsi sebagai penghantar daya untuk processor).

Tips memilih mainboard juga bisa anda lihat di sini

3. Pemilihan Processor

Untuk processor itu tergantung budget. pilih saja processor manapun, yang sesuai dengan socket mainboard kalian.

4. Pemilihan RAM

Kualitas RAM akan menentukan kesuksesan RAM yang akan anda lakukan. jangan pilih RAM yang value, agar petualangan OC anda seru.

5. Pemilihan HSF

HSF salah satu komponen yang akan sangat jarang sekali butuh upgrad. pilih HSF terbaik menurut budget yang anda punya. selain itu, usahakan beli HSF yang kompatibel dengan socket yang ada sekarang (775/1156/1336/AMD), jadi kalo suatu ketika anda pindah platform, tidak usah pusing2 pilih HSF.

6. Pemilihan VGA

Untuk VGA, kayaknya tergantung budget deh maunya berapa. toh sekarang ini banyak VGA bermunculan. ini tidak terlalu penting dalam proses OC yang akan kita lakukan saat ini.

7. Pemilihan Harddisk

Pilih harddisk yang berani ngasih garansi panjang agar enak buat investasi ke depan. tapi dalam hal OC, HDD tidak terlalu berpengaruh.

_________________________________________________

OK.. next ke hal-hal terpenting dalam aktifitas OC, yuk mari disimak..

OC satu satu, jangan OC sekaligus

maksudnya gini, ketika kita melakukan OC, usahakan fokus OC ke satu periperal dulu. jangan langsung semua rig di OC.

caranya ?

  • Turunin settingan memory ke angka terendah. masuk ke BIOS, cari menu OC di mobo anda terus masuk ke bagian Memory Configuration. Pilih DDR yang angkanya paling kecil.
  • Turunin Multiplier processor ke angka paling rendah. masuk ke bagian OC mobo atau Advanced CPU Features.
  • Untuk AMD, turunin multiplier HT link dan NB ke x5 (dalam angka biasanya ditulis 1000)
  • Setelah step di atas dilakukan, barulah naekin ref clock/FSB pelan-pelan sampai mentok mobo ga bisa booting. kira-kira itulah nilai ref clock/FSB maksimal yang bisa dicapai mobo anda.

Hardware yang serupa belum tentu memberikan hasil yang sama

Misalnya anda lihat ada processor E7500 yang bisa OC sampe 4GHZ buat daily. nah, belum tentu anda pake E7500 juga bisa running 4GHZ daily. masih banyak faktor yang harus dipertimbangkan.

Pantang menyerah

Semangat guys !!šŸ˜€

yup, sekian dulu belajar kita saat ini, tunggu kelanjutannya di PART II.

ayo belajar.. !!šŸ˜€

One thought on “Belajar Overclocking (Part 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s