Alasan ilmiah”kenapa siang hari harus menyalakan lampu kendaraan?”

Agan pasti masih ada yang belum tau kenapa harus nyalain lampu kendaraan di terang hari,,

langsung aja gan cekidot

Perhitungan kecepatan Cahaya

cahaya memiliki kecepatan sebagai berikut:

300.000 km/detik = 1.080.000.000 Km/jam

sedangkan kecepatan suara

hanya 344 m/detik = 1238 km/jam

ini berarti saat agan nyalain lampu kendaraan walau terang hari,akan segera terlihat oleh kendaraan lain melalui spion,ketimbang agan memberikan klakson(suara).

Secara logis kalo agan mengendarai mobil pribadi,apalagi tertutup suara klakson pasti tidak terlalu terdengar jelas.atau bisa aja kan ada orang yang senang berkendara sambil mendengar musik misalnya.

atau mungkin agan yang mengendarai motor yang mencoba ingin mendahului kendaraan di depannya,belum tentu klakson yang agan bunyikan terdengar oleh pengendara di depan agan.

by : agan thecovenant (kaskuser)

Tambahan :
Lampu motor itu membuat motor menjadi lebih mencolok, jadi si motor bisa mendapatkan perhatian dari si pengendara lainnya.. Sehingga pengendara lainnya bisa lebih mawas terhadap pengguna motor yang menyalakan lampunya, gitu kurang lebih.. Jadi bisa mengurangi resiko kecelakaan..

7 thoughts on “Alasan ilmiah”kenapa siang hari harus menyalakan lampu kendaraan?”

    • mikir.. hmmmpp..
      mungkin gini, pengendara motor mungkin dapat dengan mudah melihat ke spion adakah mobil di belakangnya. sedangkan pengendara mobil, akan lebih terbantu dengan adanya lampu untuk melihat situasi di belakang mobilnya. gt mungkin sob..

      • karena ukuran motor lebih kecil dari mobil. sehingga motor wajib menyalakan lampu utama. Cahaya lampu lebih mnarik perhatian pengendara dibandingkan suara.

  1. logis sih, cman ada kekurangannya…
    mata tak selamanya melihat ke spion, dan mata hanya fokus ke arah tertentu saja, jadi walaupun kita menyalakan lampu berkali-kali dibelakang pengendara lain, belum tentu pengendara tersebut langsung melihat ke spion, apalagi lampu motor terganggu oleh cahaya matahari yang terang..
    nah, klo klakson mmang kecepatan cahaya lbih cepat dari suara, namun darimanapun datangnya arah suara, telinga tetap bisa mendengar (kcuali yg pke earphone itu salahnya sendiri :-P) jdi pengendara bisa cepat merespon, apalagi klakson itu sudah didesain sedemikian rupa agar bising dan mudah menarik perhatian..
    satu lagi, klo pribadi saya merasa terganggu dengan cahaya dari depan, apalagi klo matahari sudah terik, cahaya dari atas ditambah cahaya dari bawa bikin mata jadi silau dan justru malah membahayakan…
    yah, tuhan sudah menciptakan matahari yg mampu menerangi disaat siang, nda usahlah membah lgi dengan menyalakan lampu kendaraan, hanya membuang” energi AKI sja…πŸ˜€
    IMHO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s